Cari Blog Ini

Selasa, 24 Agustus 2010

Trik Menulis Cepat Di Wikimu

Kalau sudah kadung ketagihan nulis di Wikimu, sesibuk apapun kita disempat-sempain juga buat nulis. Namun seringkali tensi kerjaan dan keterbatasan waktu luang untuk menulis di Wikimu, sejumput waktu pun terasa sangat berharga. Tapi sehari tidak menyempatkan diri untuk menulis, rasanya ada yang kurang di dalam hati ini. Kadang ketika ada waktu untuk menulis, tiba-tiba pikiran hang terus gak bisa mikir. Ya ujung-ujungnya ya tetap gak bisa nulis juga. Ini yang sering bikin kita kesal.

Mungkin dari saya ada sedikit trik buat para penulis Wikimu yang amat sangat sibuk, namun nafsu menulisnya sangat besar. Saya katakan ini sebagai trik karena memang lebih merupakan langkah-langkah praktis saja. Setiap penulis tentu punya cara tersendiri untuk menulis, dan itu tidak bisa kita paksakan. Di sini saya hanya mencoba 'memotong kompas' teknik penulisan tanpa harus mengubah gaya dan karakter menulis Anda. Terus terang trik ini saya dapatkan secara otodidak sewaktu saya ditugaskan oleh atasan membuat Keynote Speech untuk Menteri. Dan seringkali tidak hanya satu atau dua kerjaan saja. Tapi bisa lebih dari tiga kerjaan dalam satu hari. Nah, dari sinilah saya menemukan trik ini.

Oke, tanpa membuang waktu, saya akan jelaskan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan agar secuil waktu yang kita punya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya:

1. Tentukan Tema Tulisan. Ini langkah yang penting. Kalau sejak awal kita tidak bisa menentukan tema yang akan ditulis, maka sangat sulit untuk memulai. Cara mengatasinya sebenarnya banyak, namun saya seringkali menggunakan Bank Tema. Bank Tema? Yup, semacam kumpulan tema-tema yang kita simpan, entah di laptop kita, di buku notes kita, atau hanya di selembar kertas kecil saja. Cara ini sering saya pakai untuk mengumpulkan ide-ide yang muncul tiba-tiba di otak, atau ketika melihat sesuatu yang menarik untuk diangkat sebagai tulisan. Ide-ide atau hal-hal menarik itu selekasnya kita catat. Maka jadilah Bank Tema. So, kita tidak akan kehabisan tema. Cukup dengan melihat catatan Bank Tema kita, tentukan yang mana, terus langsung deh kita menulis.
2. Manfaatkan Internet. Bagi saya internet itu ibarat samudra informasi yang sangat luas. Data macam apapun bisa didapatkan, asalkan tahu caranya. Memanfaatkan search engine sangat membantu pencarian data atau informasi yang kita butuhkan dan sangat cepat hasilnya. Namun kelemahannya, seringkali temuan datanya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, bahkan terlalu umum dan sangat banyak. Kondisi ini tentu membutuhkan waktu, padahal kita tidak memiliki banyak waktu. Untuk itu saya sarankan gunakan situs-situs yang lebih tepat sasaran seperti http://www.wikipedia.org/ atau wikipedia versi Indonesia di http://id.wikipedia.org/. Jangan lupa juga Anda menyiapkan sejak awal situs-situs yang Anda anggap cukup bisa diandalkan untuk tema-tema tertentu. Misalnya, bila Anda ingin menulis tentang kesehatan, sejak awal Anda cari situs-situs kesehatan yang sudah Anda tentukan sebelumnya, sehingga tidak perlu lagi susah-susah mencari di search engine. Jadi bisa lebih menghemat waktu menulis Anda.
3. Bermainlah dengan Copy Paste. Inilah kuncinya menulis cepat. Mungkin sebagian dari kita berpendapat kalau teknik ini mengandung unsur plagiat dan merusak seni menulis. Saya sangat setuju dengan pendapat itu. Teknik ini memang cenderung mendorong orang untuk melakukan plagiat tulisan. Namun mengambil atau mengutip tulisan pihak lain bukanlah suatu kejahatan. Bahkan dalam jurnal-jurnal ilmiah, teknik mengutip sangat dianjurkan. Kuncinya adalah selalu dengan jujur dan terbuka mencantumkan sumber yang kita kutip atau kita ambil. Dengan begitu tulisan Anda tidak akan dicap plagiat. Namun dalam suatu tulisan, jangan sering-sering melakukan teknik Copy Paste karena tulisan Anda cenderung tidak akan orisinil. Copy Paste seperlunya dan kembangkan gaya penulisan sendiri.
4. Selalu Cek dan Ricek. Menulis dengan cepat seringkali memiliki tingkat kesalahan yang tinggi ketimbang dengan menulis normal. Maka apabila tulisan Anda sudah selesai, cek kembali apa yang telah Anda tulis. Minimal dua kali. Teknisnya begini, untuk pemeriksaan pertama, cek spelling tulisan Anda, apakah ada yang salah ketik, atau penulisan kata asing yang ngawur, tanda baca yang kurang atau salah, bahkan beberapa kata yang hilang tiba-tiba karena saking cepatnya fikiran Anda memproduksi tulisan sehingga ada miss satu dua kata. Lalu setelah beres, pemeriksaan kedua, cek tulisan Anda apakah cukup nyambung antar kalimat dan antar alinea atau tidak, jangan lupa cek judulnya, apakah cukup nyantol dengan tulisan dibawahnya atau tidak.
5. Gunakan Trik Ini Seperlunya. Saya menyarankan carilah waktu yang cukup untuk menulis karena menulis adalah suatu proses pengembangan diri. Perlu waktu dan pemikiran yang cukup matang untuk memproduksi sebuah tulisan. Trik ini hanya digunakan apabila Anda sudah kebeles pipit pengen nulis di Wikimu, namun tidak punya cukup waktu.

Oke deh, selamat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar